Dispar Kotamobagu Bakal Gelar Lomba Desain Batik Bertemakan Motif Budaya BMR

KOTAMOBAGU – Sebagai Dareh Kota Jasa Pemerintah Kota Kotamobagu, melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) akan menggelar lomba Desain (designer) batik yang bertemakan tentang budaya Ikon dan Destinasi pariwisata Bolaang Mongondow Raya (BMR).

Kepala dinas Pariwisata Anki Taurina Mokoginta, pada awak media mengatakan sebagai bentuk support ke depan pihaknya akan bekerjasama dengan Zabay Collection untuk menggelar lomba design batik yang bertemakan tentang budaya dan pariwisata Bolaang Mongondow.

“Ini sangat luar biasa, makanya Ke depan akan ada lomba design motif batik berbasis ciri khas budaya Ikon, dan pariwisata Bolaang Mongondow. Sasarannya anak-anak muda kita yang punya fashion. Mereka akan di ajak untuk berkarya, untuk mengali warisan leluhur yang belum diekspos, sehingga ini bisa menjadi latar atau icon kain batik untuk Zabay Colection,” ujar Anki disela acara peluncuran batik motif Bogani produksi Zabay Collection Sabtu 28 Oktober pekan lalu.

Menurutnya degan adanya rencana pelaksanaan lomba design batik ini bisa menggali warisan leluhur, budaya Bolaang Mongondow.

“Kami berharap nantinya ada ide karya dari para anak-anak muda yang punya talenta desain batik motif budaya Ikon daerah Bolmong Raya. Seperti Saat ini kan sudah ada motif kopi, patung bogani, kabela, cengkih, destinasi wisata di Bolaang Mongondow Raya dan berbagai corak lainnya. Mungkin masih ada lagi warisan budaya yang belum diketahui, tetapi karena dikompetisikan, sehingga bisa lahir dari anak-anak muda Bolmong Raya,” pintanya.

Kadis Pariwisata juga membeberkan untuk pelaksanaan lomba rencananya akan digelar bertepatan dengan HUT Kota Kotamobagu mendatang.

“Insyaallah tidak berhalangan Lomba desain motif batik akan digelar tahun depan karena nantinya akan digandeng dengan HUT Kotamobagu. Dan pastinya lomba akan melibatkan Zabay Collection,” ujar Anki.

READ  Sejalan Dengan Pj Walikota, PUPR Kotamobagu Rancang Penanganan Kebencanaan

Dikesempatan itu juga Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Kotamobagu Anki Taurina Mokoginta memberikan apresiasi atas peluncuran kain batik bermotif ragam budaya dan pariwisata Bolaang Mongondow yang diproduksi Zabay Collection.

“Kehadiran batik dengan motif khas Bolaang Mongondow tersebut, menjadi kebanggaan karena dengan sendirinya telah mempromosikan tentang Bolaang Mongondow Raya,” ucap Anki.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *