Terima Audiensi DPD KNPI KK, Asripan : Serasa Bernostalgia Waktu 20 Tahun Lalu

Sulawesi Kini, Kotamobagu – Penjabat (Pj) Walikota Kotamobagu, DR Asripan Nani melakukan audiensi dengan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kotamobagu, Selasa 10 Oktober 2023 di Setda Pemkot Kotamobagu.

Dalam audiensi tersebut, Walikota Asripan didampingi oleh Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Noval Manoppo dan Kepala Bagian Hukum Chandra Saniman.

Ada pun untuk DPD KNPI Kotamobagu dipimpin langsung oleh Ketua, Shandry Anugerah Hasanuddin dan didampingi jajaran pengurus, serta pimpinan OKP dan OKPK.

Dalam kesempatan itu, Ketua DPD KNPI Kotamobagu, Shandry Anugerah Hasanuddin memberikan apresiasi atas kesediaan waktu dan arahan dari Pj Walikota Kotamobagu terhadap eksistensi KNPI Kotamobagu.

“Kami mengucapkan apresiasi setinggi-tingginya kepada Pak Walikota yang menyediakan waktu untuk beraudiensi. Dalam kesempatan ini, kami menyampaikan sejumlah kegiatan dan hasil karya DPD KNPI Kotamobagu kepada Pak Walikota, sembari meminta arahan dan masukan untuk eksistensi KNPI Kotamobagu. Ini juga menjadi silaturahmi antara junior-junior dengan Pak Walikota yang juga Mantan Ketua DPD KNPI Bolmong pada tahun 2003 silam,” tutur Shandry.

Mewakili jajaran pengurus, Shandry memaparkan dua aplikasi yang nantinya bisa digunakan oleh masyarakat. Pertama, aplikasi Proletar yang menaungi wadah untuk pelaporan dan konsultasi tentang kasus kekerasan terhadap anak. Kedua, aplikasi smart village yang ditujukan untuk mempermudah layanan pemerintahan di tingkat desa.

“Kalau untuk aplikasi Proletar ini, ketika terjadi kekerasan terhadap anak, baik itu fisik atau bullying bisa langsung melaporkan lewat aplikasi yang sudah terkoneksi dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kotamobagu. Untuk aplikasi smart village, itu membantu masyarakat dalam kepengurusan administrasi di desa. Jadi, masyarakat tinggal lewat handphone mengurus administrasi seperti surat keterangan domisili dan lainnya,” jelas Shandry.

READ  Paket Peningkatan Jalan Sasar Jalan Mansosra Tumubui
Pj Walikota dan Ketua DPD KNPI Kotamobagu berpose dengan latar belakang aplikasi Proletar.
Pj Walikota dan Ketua DPD KNPI Kotamobagu berpose dengan latar belakang aplikasi Proletar.

Sementara itu, Pj Walikota Kotamobagu, DR Asripan Nani menyambut hangat Ketua dan Pengurus DPD KNPI Kotamobagu. Asripan menyebut, kehadiran pengurus KNPI Kotamobagu ini mengingatkan dirinya pada tahun 2003 silam.

“Melihat pakaian dari adek-adek KNPI ini mengingatkan saya di tahun 2003 lalu. Kesan pertama bertemu, saya langsung flash back ke 20 tahun lalu. Dimana saat saya menjadi pengurus dari tingkat bawah dan bisa menjadi Ketua pada saat itu,” tutur Asripan.

Dengan pengalaman semasa menjabat Ketua KNPI Bolmong kala itu, Asripan berbagai tips untuk mendorong kelompok muda yang terasosiasi di KNPI Kotamobagu.

“Jadi pada zaman saya dulu itu ada yang namanya Kebun Pemuda di Desa Kopandakan. Itu menjadi program dan inisiatif kami agar bisa menjadi produktif dan mandiri,” kata Asripan.

Asripan pun mengaku mendukung penuh program dari DPD KNPI Kota Kotamobagu ke depan. Apa terlebih, dalam waktu dekat akan dilaksanakan peringatan Hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada tanggal 28 Oktober.

“KNPI harus menjadi pelopor yang solutif. Kalau bisa, sebelum peringatan Hari Sumpah Pemuda kita melakukan dialog, dan KNPI Kotamobagu memberikan konsep-konsep yang membangun terhadap pemerintah. Kalau ada masalah-masalah di tengah pemerintahan, silahkan berikan kritik dan konsep solusi kepada kami,” pungkas Asripan.

Penulis : Yadi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *