Badaria Ajak Masyarakat Bilalang Satu Sukseskan Musdus RPJMDes 2022-2028

Sulawesi Kini, Kotamobagu – Kepala Desa atau Sangadi Desa Bilalang Satu, Hj Badaria A Mokoginta AMP mengajak seluruh elemen masyarakat Bilalang Satu untuk turut serta mensukseskan penyusunan Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes) periode 2022-2028.

Dimana, mulai dari hari Selasa 14 Februari 2023 hingga Rabu 15 Februari 2023 mendatang, tim penyusun RPJMDes akan melakukan Musyawarah Dusun (Musdus) dalam rangka menyerap aspirasi masyarakat.

Sehingga, peran masyarakat dalam rangka menyusun perencanaan enam tahun, selama kepemimpinan Hj Badaria A Mokoginta ini bisa tercover.

Hal ini disampaikan Badaria seusai memimpin rapat persiapan pelaksanaan Musdus oleh tim penyusun RPJMDes, Senin 13 Februari 2023.

“Tim penyusun RPJMDes ini nantinya akan turun di setiap dusun untuk menggelar Musdus. Aspirasi dalam Musdus akan ditampung dan masuk dalam perencanaan enam tahun ke depan. Oleh karena itu, kami mengajak masyarakat untuk sama-sama membangun desa lewat pelaksanaan Musdus ini,” tutur Badaria.

Badaria juga menambahkan, penyusunan RPJMDes ini menjadi bagian penting bagi Pemdes Bilalang Satu. Pasalnya, RPJMDes ini menjadi dasar dalam rangka penyusunan RKPDes dan APBDes tiap tahunnya.

“Dalam merealisasikan usulan dari masyarakat, ada formulasi yang akan digunakan. Misalnya skala prioritas dan menyesuaikan dengan perencanaan dalam RPJMD hingga RPJM Nasional. Nah, perwujudannya ada pada RKPDes dan APBDes setiap tahunnya,” jelas Badaria.

Ada pun tim penyusun RPJMDes tahun 2022-2028 Desa Bilalang Satu sudah dibekali dengan Bimtek yang digelar oleh Dinas PMD Kotamobagu. Tim ini terdiri dari perangkat desa, personil BPD, dan tokoh masyarakat.

Reporter : Yadi Mokoagow

READ  DPRD Bolmong Gelar Paripurna Pelantikan PAW Gita R Tuuk

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *