Bupati Sam Sachrul Dianugerahi Gelar Adat ‘Kolano ki Sinungkudan Tule’ oleh Dewan Adat se-BMR

Sulawesi Kini, Boltim – Bupati Sam Sachrul Mamonto menerima gelar adat Kolano ki Sinungkudan Tule (yang serba bisa), yang diberikan oleh dewan adat se-Bolaang Mongondow Raya.

Penobatan gelar tersebut diterima Sam Sachrul tepat pada acara peresmian Rumah Dinas (Rudis) Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) yang digelar di Halaman Rudis Bupati, Tutuyan, Jumat 10 Februari 2023.

“Sebelum menerima gelar adat ini saya berdoa, semoga saya dipantaskan oleh tuhan dalam memangku gelar yang telah diberikan kepada saya,” ucap Sam Sachrul pada sambutannya usai meneriman gelar adat tersebut.

Menurutnya, gelar adat tersebut tentu bukan hanya sekedar ceremoni saja, tetapi juga menyangkut arti yang sangat mendalam.

“Apabila seseorang mendapatkan gelar kemudian dia tidak mampu melaksanakan sesuai dengan gelar tersebut, maka akan sia-sia pemberian gelar yang diberikan kepadanya,” katanya.

“Semoga Allah SWT akan memampukan saya sebagai umatnya yang paling rendah untuk bisa mengemban gelar yang diberikan kepada saya,” lanjutnya.

Sachrul juga mengatakan, setelah peresmian Rudis Bupati, tahun ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boltim juga akan membangun Rudis Wakil Bupati.

“Tentu ini merupakan momen sejarah di Kabupaten Boltim yang harus kita catat dengan tinta emas, karena hari ini kita telah meresmikan sebuah bangunan yang akan menjadi simbol dan identitas sebuah daerah,” ucap Bupati yang juga mantan ketua DPRD Boltim.

Ia menuturkan, Rudis yang baru saja diresmikan pada hari ini adalah bangunan ke-16 dari seluruh kabupaten/kota, karena kita yang paling terakhir membangun Rumah Dinas.

“Alhamdulillah telah diresmikan pada hari ini, dan pada tahun ini juga kita akan membangun Rumah Dinas Wakil Bupati,” ujar Bupati yang juga mantan ketua KPU Boltim.

READ  Ribuan KPM di Boltim Mulai Terima Bansos Sembako

Tak hanya itu, dikatakan Sachrul, dalam waktu dekat pemkab boltim juga akan melakukan peletakan batu pertama untuk pembangunan Masjid Raya di Kabupaten Boltim.

Turut hadir pada kegiatan tersebut, Sekretaris Daerah Boltim, Sonny Warokah, Walikota Kotamobagu Ir Tatong Bara, Ketua TP-PPK Boltim, Ny Ervina Budiman, serta seluruh kepala SKPD se-Boltim.(ADVE)

Reporter : Vikar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *