Dianugerahi Gelar Adat KRT oleh Keraton Surakarta Hadiningrat, Bupati: Gelar ini Saya Persembahkan Untuk Masyarakat Jawa yang Ada di Boltim

Sulawesi Kini, Boltim – Bupati Sam Sachrul Mamonto, dianugerahi gelar Kanjeng Raden Tumenggung (KRT) dari Keraton Surakarta Hadiningrat.

Gelar itu diserahkan oleh Ingkang Sinoehoen Kandjeng Soesoehoenan Pakoe Buewono XIII di Keraton, Rabu 15 Februari 2023.

Gelar tersebut diberikan kepada Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim) bersama dengan sejumlah pejabat dan tokoh di Indonesia sebagai pemimpin yang selalu berkarya untuk kemajuan dan kemakmuran dan rakyatnya, serta menjadi pemimpin yang selalu menjaga keberagaman, adat dan budaya.‬

Penganugerahan dilaksanakan dengan sebuah prosesi Kekeratonan Surakarta yang sangat sakral. Saat menerima gelar bupati mengenakan busana beskap lengkap seperti seorang pangeran.

Bupati Sam Sachrul Mamonto datang ke Keraton Hadiningrat didampingi istrinya yang juga Ketua TP-PKK Boltim Seska Ervina Budiman, dan putranya merupakan Ketua KNPI Boltim Moh Izra Haliantara Mamonto.

Gelar adat yang diterima Bupati Sam Sachrul Mamonto itu menjadi kebanggaan tersendiri baginya serta semua masyarakat Bolaang Mongondow Timur.

Sebab, ada kriteria yang ditentukan pihak keraton dan mereka yang diberi gelar adat sudah menjadi kerabat dekat keraton hadiningrat.

“Gelar ini saya persembahkan untuk semua masyarakat khususnya suku Jawa yang ada di Boltim,” ucap Sam Sachrul Mamonto usai menerima gelar adat jawa tersebut.(ADVE)

Penulis : Vikar

READ  237 Calon PPPK Nakes Boltim Segera Dapatkan NIP

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *