Nama Ini Disebut Calon Kuat Pj Walikota Kotamobagu, Tatong Bara Tinggal Menghitung Hari

KOTAMOBAGU – Calon Penjabat (Pj) Walikota Kotamobagu menggantikan Tatong Bara makin ramai dibicarakan. Beberapa nama birokrat di Sulawesi Utara (Sulut) disebut-sebut.

Sebagaimana diketahui, masa jabatan Walikota Tatong Bara dan wakilnya Nayodo Koerniawan tinggal menghitung hari. Pada tanggal 25 September 2023 mendatang, akan berakhir.

Pada 9 September 2023 lalu DPRD Kotamobagu sudah mengirimkan tiga nama usulan calon Pj Walikota ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Mereka adalah Asisten II Pemprov Sulut, Asripan Nani, Kepala Biro Administrasi Pimpinan Setda Sulut, Abdullah Mokoginta, dan Asisten III Bidang Administrasi Setda Kotamobagu, Agung Adati.

Siapa berpeluang diangkat menjadi Pj Walikota Kotamobagu? Informasi diperoleh dari sumber resmi Kronik Totabuan, yang berpeluang besar ada dua nama.

Asripan Nani dan Abdullah Mokoginta. Keduanya selain diusulkan oleh DPRD Kotamobagu, nama mereka juga sejak jauh hari telah dipertimbangkan oleh Gubernur Sulut, Olly Dondokambey.

Tetapi semua kemungkinan bisa terjadi. Berkaca pada beberapa daerah lain di Indonesia, nama yang diterbitkan SK Mendagri sebagai Pj kepala daerah justru tidak berasal dari usulan DPRD.

“Hal yang sama bisa terjadi di Kotamobagu. Tetapi di Sulut ini kalau sudah usulan DPRD dan sejalan dengan keinginan Pemprovbiasanya tidak jauh dari nama yang ada itu,” ungkap sumber, Senin (18/9/2023).

Baik Asripan Nani, Abdullah Mokoginta, dan Agung Adati, mereka ada tiga kader Bolaang Mongondow Raya (BMR) yang punya karir moncer sebagai birokrat.

Mereka selain memiliki karakter kepemimpinan yang kuat, juga sangat berbaur dengan masyarakat Kotamobagu bahkan BMR.

Menarik ditunggu siapa Pj Walikota Kotamobagu pengganti Tatong Bara. (*)

READ  PUPR Kotamobagu Tata Rp10,7 Miliar untuk Paket Proyek di Bidang Cipta Karya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *