“Over Target” di RPJMD, Dinas PPPA Kotamobagu Raih DAK Rp600 juta

Kota Layak Anak Nindya

Sulawesikini.com – Kotamobagu – Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu mengukir prestasi, khususnya pada pencapaian target Kota Layak Anak (KLA) dalam RPJMD.

Dimana, dari target yang dipatok dalam RPJMD mendapat prestasi KLA tingkat madya, Kota Kotamobagu sudah mencatatkan prestasi KLA tingkat Nindya, atau satu tingkat lebih tinggi dari Madya.

Pencapaian over target ini terjadi pada tahun anggaran 2022 lalu.

Tak tanggung-tanggung, prestasi yang disabet oleh Kotamobagu ini diganjar oleh pemerintah pusat dengan Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp600 juta di tahun anggaran 2023 ini.

Kepala Dinas PPPA Kotamobagu, Meike Sompotan saat dikonfirmasi membenarkan hal tersebut.

“Dalam RPJMD, pada tahun 2022 ditargetkan KLA madya, dan kita berhasil meraih KLA tingkat nindya. Prestasi ini pun memberi sumbangsih berupa DAK, untuk penanganan dan pendampingan kasus terkait perempuan dan anak di Kotamobagu,” ungkap Meike, Senin 16 Januari 2023.

Meike juga menambahkan, pada tahun 2023 ini, ditargetkan Kotamobagu kembali meraih KLA Nindya. Dimana, salah satu upayanya adalah lewat program dan kegiatan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak.

“Hari ini, kita sudah mempunyai UPT PPA yang fokus untuk melakukan pendampingan terhadap perempuan dan anak. Selain itu, ada juga tim gugus tugas yang terus berkoordinasi untuk menciptakan kota layak anak di Kotamobagu,” tambah Meike.

Prestasi ini pun dikatakan Meike tak lepas dari niat mulia Walikota Kotamobagu, Ir Tatong Bara yang menginginkan Kota Kotamobagu menjadi rumah yang tentram dan ramah bagi anak-anak.

“Di sisi lain juga, sinergitas dengan masyarakat untuk bisa membangun keluarga harmoni menjadi poin penting diraihnya prestasi ini, dan Ibu Walikota Kotamobagu sangat mengapresiasi dukungan dari masyarakat sehingga bisa bersama-sama meraih prestasi KLA nindya ini,” pungkas Meike.

READ  Bupati Limi Pimpin Upacara Peringatan HUT ke 78 Proklamasi RI

 

Reporter : Suriadi Mokoagow

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *