Pemkot Kotamobagu Gelar Bimtek Penyusunan Peta Proses Bisnis Perangkat Daerah

KOTAMOBAGU – Pemerintah Kota Kotamobagu (Pemkot), gelar Bimbingan Teknis (Bimtek) dalam rangka penyusunan Peta proses bisnis perangkat daerah bertempat di Hotel Aryaduta Manado, pada hari Rabu, 25 Oktober 2023.

Kegiatan dibuka oleh assisten administrasi umum pemerintah Kotamobagu Bpk. Mohammad Agung Adati. ST MSI, mewakili Pj. Wali Kota Dr. Drs. Hi. Asripan Nani, M.Si.

Adapun Narasumber Bapak Hijrah Apriansyah S.Kom dari Kemenpan-RB, dan dihadiri oleh perangkat Daerah yang menangani perencanaan, menangani SPBE, Inspektorat, dan seluruh Kasubag perencanaan di seluruh perangkat daerah.

Pada sambutannya assisten administrasi umum Agung Adati menyampaikan pentingnya kegiatan bimtek ini karena bernilai strategis guna meningkatkan efisiensi dan efektifitas sistem, proses dan prosedur kerja yang jelas, efektif, efisien dan terukur pada masing – masing instansi.

“Selain itu, penyusunan peta proses bisnis merupakan hal yang wajib dilakukan oleh perangkat daerah, yang menyelenggarakan pelayanan publik karena merupakan acuan yang menggambarkan hubungan kerja efektif dan efisien antar unit organisasi untuk menghasilkan kinerja sesuai dengan tujuan yg telah ditetapkan,” ujar Agung Adati.

Kabag organisasi Setda Kota Kotamobagu, Ahmad Afandy Abasi, menambahkan untuk Kotamobagu sendiri sudah selesai merampungkan penyusunan peta proses bisnis level pemerintah kota.. dan selanjutnya akan dilanjutkan untuk penyusunan proses peta bisnis perangkat daerah.

“Hal ini karena selain merupakan salah satu indikator Reformasi Birokrasi, pro bis juga merupakan indikator penilaian SPBE dan menjadi acuan dalam pembuatan SOP.,” jelasnya.

Sementara itu Narasumber Bapak Hijrah Apriansyah dalam pemaparan materi menyampaikan alur proses peta bisnis dari penyusunan peta proses, peta sub proses, peta relasi, dan peta lintas fungsi dalam bentuk diagram.

READ  Demi Tata Kelola Pemdes, Pj Walikota Buka Kegiatan Penguatan kapasitas dan Fungsi BPD

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *