Dinkes Bolmong Lakukan Pengawasan Medis Terhadap Anak-anak yang Keracunan Susu Bantuan

Sulawesi Kini, Bolmong – Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) terus memaksimalkan pelayanan kesehatan baik di tingkat Puskesmas hingga RSU Datoe Binangkang terhadap para siswa yang diduga mengalami keracunan seusai mengonsumsi susu bantuan dari Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

Selain penanganan pada waktu masuk di Puskesmas Lolak dan RSU Datoe Binangkang, Dinkes Bolmong akan melakukan survellance atau pengawasan pasca keluar ditangani dari Puskesmas atau pun RSU Datoe Binangkang.

Hal ini disampaikan Kepala Dinkes Bolmong, Julin Papuling, Senin 23 Oktober 2023 yang memantau terus penanganan para siswa yang mengalami keracunan susu.

“Anak-anak yang sudah ditangani dan bisa kembali ke rumah akan kami lakukan pengawasan bersama dengan Puskesmas Lolak. Pengawasan ini dilakukan pasca mereka keluar dari RSU Datoe Binangkang dan Puskesmas guna mengontrol kesehatan masing-masing anak,” ungkap Julin.

Julin juga menjelaskan keluhan yang dialami para siswa di 3 sekolah dasar (SD) masing-masing SDN 2 Tombolango, SDN 1 Lolak dan SDN 1 Motabang.

“Dari data yang dihimpun baik dari Puskesmas Lolak dan RSU Datoe Binangkang karena keluhan sakit perut, pusing, mual, muntah, sakit kepala dan sesak nafas setelah mengkonsumsi susu Milk Life rasa coklat dan stroberi. Selain itu juga ada makanan tambahan berupa spring roll dan nugget rasa ayam,” jelas Julin.

Sementara itu, dari data penanganan medis, total jumlah anak yang ditangani keseluruhannya berjumlah 197 dari ketiga sekolah.

Penulis : Yadi

 

READ  Tegas!!! Kapolres Bolmong Bakal Tindak Kendaraan Ber-knalpot Bising

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *