Pj Bupati dan Dinkes Bolmong Sambut Kunker NLR Alliance Office

Sulawesi Kini, Bolmong – Pj Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), dr Jusnan C Mokoginta MARS bersama jajaran Dinas Kesehatan (Dinkes) menyambut kunjungan kerja (Kunker) NLR Alliance Office, Jumat 31 Mei 2024.

Rombongan kunker NLR Alliance Office yang dipimpin langsung Ms. Helene Aimee Broekkamp tersebut disambut langsung di Ballroom Sutan Raja, Kotamobagu.

Dalam sambutan Pj Bupati Jusnan C. Mokoginta mengungkapkan, bahwa Ms. Helene Aimee Broekkamp ini adalah perwakilan dari NLR Alliance Office.

Pj Bupati dr Jusnan C Mokoginta juga mengatakan, jika beliau pernah mengikuti pelatihan tentang penanganan penyakit kusta ini, serta bagaimana gejala penyakit kusta ini timbul ditandai dengan bercak-bercak berwarna terang atau kemerahan di kulit disertai dengan berkurangnya kemampuan merasa, mati rasa, dan lemas pada tangan dan kaki.

oplus_2

“Orang yang mengidap penyakit kusta ini juga pada awalnya, tidak memiliki merasakan sakit apapun, namun setelah berjalan waktu mulai gejala termasuk bercak-bercak berwarna terang atau kemerahan di kulit disertai dengan berkurangnya kemampuan merasa, mati rasa, dan lemas pada tangan dan kaki,” ucap Jusnan.

Sementara itu, Kepala Dinkes Bolmong, Ketut Kolak memaparkan tentang bagaimana kasus penyakit kusta di beberapa wilayah Puskesmas periode 2019-2024 di Bolmong.

“Ada beberapa kasus penyakit kusta di beberapa wilayah puskesmas pada tahun 2019 – 2024, di antaranya :
Werdhi Agung, Pusian, Konarom, Mopuya, Doloduo, Tanoyan, Bilalang 4, Pangian, Buntalo, Komangaan, Tungoi, Inobonto, Tadoy, Passi Barat, Imandi, Maelang, Lolak dan Poigar,” ucap Kolak.

oplus_2

“Semua wilayah puskesmas yang penyakit kusta, harus ditangani dengan cepat agar tidak banyak yang terpapar lagi,” ucap Kolak.

Untuk diketahui, yayasan NLR Alliance Office adalah sebuah organisasi non-pemerintah (LSM) yang mendorong pemberantasan kusta dan inklusi bagi orang dengan disabilitas termasuk akibat kusta.

READ  Peringati WRD 2023, Kadis Pertanian KK Turun Langsung Vaksinasi Hewan

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *