Berkunjung di Jepang, Bupati Sam Sachrul Paparkan Potensi Boltim dan Bicarakan Soal Ekonomi Hingga Pendidikan

Sulawesi Kini, Boltim – Bupati Sam Sachrul Mamonto, memaparkan sejumlah potensi kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) pada Kedutaan Republik Indonesia di Jepang.

Dihadapan Minister/Deputy Chief of Mision, John T Boestami bersama tim dari KBRI Tokyo, Sachrul mempresentasikan sejumlah potensi Boltim yang bisa dikerjasamakan dengan pemerintah jepang, Senin 7 Maret 2023.

Adapun potensi-potensi yang dipaparkan oleh bupati di hadapan keduataan Indonesia di Jepang yakni, pemenuhan cargo untuk eksport hasil pertanian dan kelautan, tenaga kerja, potensi wisata, serta kerjasama di bidang pendidikan (bea siswa jepang untuk anak anak boltim).

Dalam kesempatanya, Sachrul bersukur bisa di undang langsung oleh Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Oly Dondokambey, ke negara Jepang untuk kerjasama dalam beberapa bidang dengan pemerintahan jepang.

Ini merupakan pertama kali potensi-potensi Boltim bisa di perkenalkan di luar negeri.

Gubernur Sulut, Oly Dondokambey dalam penyampayannya mengatakan, dirinya sengaja mengajak beberapa kepala daerah yang memiliki potensi dan sumber daya alam, salah satunya kabupaten Boltim.

Sebab kata Oly, kerjasama ini akan berdampak baik bukan hanya untuk daerah tetapi berdampak baik juga untuk Negara.

Guberbur juga berharap bahwa kunjungan wisman ke Sulawesi utara akan bertambah seiring dengan di bukannya penerbangan langsung Manado Narita jepang, dan lebih memudahkan eksport berbagai barang yang diminati negara jepang.

Disisi lain Bupati Boltim, Sam Sachrul dalam penyampayannya mengatakan, ini adalah peluang emas bagi Boltim dalam banyak hal, tinggal bagaimana memberikan edukasi kepada petani dan nelayan untuk menciptakan prodak kualitas eksport, termasuk hasil pertanian dan hasil laut, serta potensi lainya.

“Yang menjadi konsentrasi saya bukan hanya cargo dari manado ke tokyo, tapi dunia pendidikan menjadi konsen utama saya, dengan menawarkan program kerjasama dalam pendidikan dan tenaga kerja,” ungkap Mamonto dalam penyampayannya, dalam pertemuan resmi di kantor kedutaan jepang di Sinjuku.

READ  Warga Apresiasi Kebijakan Pemkot Hadirkan Layanan Hemodialisa di RSU Kotamobagu

Usai acara tersebut Bupati juga di undang untuk mengikuti Diacussing the development environmental management and arelated infrastucrure to support tourisms industry yang di laksanakan oleh IDEA Consultants, Inc di Komazawa Setegay-Ku Tokyo.

Dalam pertemuan tersebut juga akan mengkonkritkan hasil pembahasan antara profinsi sulut dan beberapa daerah dengan pemerintahan Jepang.(ADVE)

Penulis: AZE

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *