Kesbangpol Bolmong Ikuti Rakornas Program Paskibraka

Sulawesi Kini, Bolmong – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) mengikuti Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) terkait program Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) di The Tribrata, Jakarta 9 sampai 10 Februari 2023.

Kepala Kesbangpol Bolmong, Drs Chris Kamasaan menghadiri langsung kegiatan yang dipelopori oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) tersebut.

Chris mengatakan, pada pelaksanaan upacara HUT Proklamasi 17 Agustus setiap tahunnya akan berpindah kepengurusan dari sebelumnya dilaksanakan oleh Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora), kini menjadi urusan Badan Kesbangpol.

“Ini merupakan terobosan dari BPIP untuk menanamkan nilai-nilai Pancasila kepada para Paskibraka. Berkaitan dengan itu, maka terjadi perubahan urusan yang sebelumnya Dispora, kini urusan Paskibraka sudah menjadi urusan Kesbangpol,” ungkap Chris.

Chris juga menambahkan, program Paskibraka merupakan kaderisasi calon pemimpin bangsa berkarakter Pancasila, sebagai salah satu cara untuk mengelola bonus demografi penduduk Indonesia saat ini, sekaligus menjadi kekuatan bangsa di masa mendatang.

“Kita akan mengupayakan di Bolmong nanti, pelaksanaan program Paskibraka ini akan sesuai arahan dengan BPIP. Ini sangat penting dan pesan Pak Bupati ini harus segera dilakukan penyesuaian,” tambah Chris.

Untuk diketahui, Rakor ini dilakukan bertujuan untuk mendukung pelaksanaan Pembentukan Paskibraka di seluruh Indonesia yang lebih terstandar dan transparan dengan dukungan aplikasi berbasis teknologi.

Hal ini sebagaimana Peraturan Presiden Nomor 51 Tahun 2022 tentang Program Pasukan Pengibar Bendera Pusaka, yang memberikan landasan bahwa Program Paskibraka sebagai kaderisasi calon pemimpin bangsa berkarakter Pancasila.

Untuk menjamin kelangsungan bangsa dan negara diperlukan upaya dari setiap komponen bangsa untuk bisa menyiapkan kader pemimpin yang akan melanjutkan perjuangan bangsa salah satunya melalui program Paskibraka ini.(adve)

READ  Pameran NSIF 2023 jadi Celah Masuknya Investasi Besar ke Bolmong

Penulis : Yadi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *