Bursa Cawali/Cawawali Kotamobagu dari Perempuan. Ada Anggota Legislatif Hingga Kepala Desa

Sulawesi Kini, Kotamobagu – Perhelatan Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota (Pilwako) Kotamobagu tak hanya diisi oleh figur dari kalangan pria pada bursa Calon Walikota (Cawali) atau pun Calon Wakil Walikota (Cawawali).

Kontestasi Pilwako Kotamobagu yang rencana digelar pada 27 November 2024 mendatang ternyata juga diisi sejumlah nama dari kalangan perempuan yang tak bisa dipungkiri memiliki magnet sendiri dalam ajang pencarian kepala daerah, khususnya di Kota Kotamobagu.

Hal ini bisa dilihat dari dua kali Pilwako Kotamobagu, yakni pada tahun 2013 dan 2018, sosok perempuan bernama Tatong Bara berhasil menang dari para pesaingnya.

Kali ini, menghadapi Pilwako Kotamobagu yang tinggal 9 bulan lagi, ada beberapa nama figur perempuan yang mulai menjadi perhatian masyarakat. Ada yang berlatar sebagai politisi dan kini duduk di kursi legislatif, dan ada juga dari kalangan eksekutif hingga kepala desa yang ada di Kotamobagu.

Siapa saja mereka? Simak profil singkat mereka di bawah ini :

– Cherish Harriette Mokoagow

Cherish Harriette Mokoagow (CHM) kini tercatat sebagai anggota DPD RI periode 2019-2024. Pada Pemilu tahun 2024, kerabat dari Yasti Soepredjo Mokoagow itu dipastikan kembali duduk di kursi DPD RI mewakili Dapil Sulawesi Utara (Sulut).

Kiprahnya di DPD RI pun tak main-main. Di forum resmi DPD RI, Ibu dari dua anak tersebut dengan lantang menyuarakan aspirasi masyarakat Bolmong Raya terkait pembentukan Provinsi Bolmong Raya.

Cherish pun dinilai memiliki kompetensi sebagai Cawali Kotamobagu. Dengan pengalamannya sebagai Jurnalis dan aktif di berbagai organisasi kepemudaan, wanita berparas cantik ini diyakini bisa memimpin Kota Kotamobagu.

Yunita Lontoh

Meski menjadi pendatang baru dalam dunia politik Kota Kotamobagu, figur Yunita Lontoh yang kini menjadi legislator DPRD Kotamobagu periode 2019-2024 tak bisa dipandang sebelah mata.

READ  Bolsel dan Minut Sambangi Kominfo Bolmong. Studi Soal Tata Kelola SPBE

Hal ini bisa dibuktikan dengan kembali terpilihnya Yunita Lontoh sebagai legislatif DPRD Kotamobagu dari PDI Perjuangan pada Pemilu 2024.

Dengan basis massa di Kecamatan Kotamobagu Timur, Yunita yang akrab disapa Mama Falen ini dinilai bisa mengisi posisi baik Cawali mau pun Cawawali.

Asni Labantu

Nama kali ini mungkin masih asing terdengar di kuping masyarakat Kota Kotamobagu secara luas. Akan tetapi, nama Asni Labantu membuat gebrakan yang mengejutkan di Pemilihan Legislatif (Pileg) tahun 2024 ini.

Dimana, wanita dengan latar belakang pengusaha rumah makan ini berhasil meraih 1 kursi dari Dapil Kotamobagu Barat lewat Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Asni pun diyakini bisa menjadi warna baru dalam kepemimpinan di Kota Kotamobagu. Kompetensi sebagai pengusaha dinilai menjadi sosok yang tepat untuk memimpin Kota Kotamobagu yang secara strategis mengangkat tema jasa.

Badaria A Mokoginta AMP

Nama kali ini datang dari kalangan eksekutif, khususnya Kepala Desa. Ia adalah Hj Badaria A Mokoginta AMP yang saat ini menjabat sebagai Kepala Desa Bilalang Satu, Kecamatan Kotamobagu Utara.

Nama Badaria atau yang diakrab disapa Mama Shandri sendiri sudah tak asing bagi masyarakat Kotamobagu. Pasalnya, selama menjabat sebagai Kepala Desa atau Sangadi, berbagai prestasi ditorehkan oleh istri dari Kompol (Purn) Hasanuddin tersebut.

Tak hanya itu, perilaku humble dan suka bergaul juga membuat Badaria tak hanya akrab di kalangan keluarga, melainkan bisa dekat dengan berbagai elemen dan tokoh masyarakat di Kotamobagu.

Penulis : Yadi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *