Dinkes Bolmong Raih Penghargaan Terbentuknya Pokjanal Posyandu 2023

BOLMONG – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) mendapat penghargaan atas terbentuknya Kelompok Kerja Operasional (Pokjanal) Posyandu Tahun 2023.

Penghargaan yang diberikan Dinkes Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) itu, diterima Kepala Dinas Kesehatan Julin Papuling, diwakili Sekretaris Yusuf Detu, pada puncak acara Festival Sulut Sehat 2023, di Mantos, Kota Manado, Kamis (23/11).

“Alhamdulillah, Dinkes Bolmong mendapat penghargaan atas terbentuknya Pokjanal Posyandu Tahun 2023,” ucap Kadis Kesehatan Bolmong Julin Papuling, saat dikonfirmasi via seluler.

Menurut Julin, Pokjanal Posyandu mempunyai keterkaitan dalam pembinaan penyelenggaraan dan pengelolaan Posyandu yang berkedudukan di pusat, provinsi, kabupaten/kota dan kecamatan.

“Kita juga akan bentuk Pokjanal Posyandu tingkat kecamatan,” ungkap Julin.

Dijelaskan Julin, Pokjanal Posyandu juga mempunyai tugas dalam menyusun rencana kegiatan tahunan dan mengupayakan adanya sumber-sumber pendataan guna mendukung kegiatan pembinaan posyandu, melakukan bimbingan, pembinaan, fasilitasi, advokasi, pemantauan dan evaluasi pengelolaan program posyandu secara rutin dan terjadwal.

Kemudian memfasilitasi penggerakan dan pengembangan partisipasi, gotong royong, dan swadaya masyarakat dalam mengembangkan posyandu, termasuk kegiatan lain sesuai dengan kebutuhan, serta melaporkan hasil pelaksanaan kegiatan kepada pimpinan dalam hal ini Bupati dan Ketua Pokjanal Posyandu di daerah.

“Peran Pokjanal Posyandu yaitu melakukan upaya penurunan kematian ibu dan bayi, dan penyakit diare, meningkatkan koordinasi, pembinaan fasilitasi, advokasi dan dukungan dalam rangka meningkatkan fungsi kinerja posyandu,” tambah Julin.(**)

READ  Pj Bupati Limi Hadiri Peringatan Nuzulul Quran di Desa Bumbung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *