Sangadi Bilalang Satu : Masyarakat Bilalang Satu Jangan BAB Sembarangan Tempat

Sulawesi Kini, Kotamobagu – Himbauan tegas disampaikan Sangadi atau Kepala Desa Bilalang Satu, Hj Badaria A Mokoginta AMP kepada seluruh masyarakat Bilalang Satu, dalam hal Buang Air Besar (BAB) di sembarangan tempat.

Menurut Badaria, BAB sembarangan akan sangat mengganggu lingkungan. Mulai dari tercemarnya lingkungan, hingga bau tidak sedap yang dihasilkan.

“Kami menghimbau masyarakat untuk tidak BAB sembarangan. Mamfaatkan jamban yang ada di masing-masing rumah. Kami meyakini, untuk Bilalang Satu seluruh rumah masyarakat memiliki jamban,” tegas Badaria, Rabu 1 Maret 2023.

Badaria juga menambahkan, larangan BAB sembarangan ini utamanya berlaku untuk aliran sungai yang ada di Desa Bilalang Satu berada di jalan protokol yang menghubungkan Desa Bilalang Satu dan Desa Passi Dua.

“Selain di aliran sungai, drainase yang ada juga kita harapkan tidak menjadi tempat masyarakat untuk BAB sembarangan. Ini pun kita pantau. Meski demikian, sudah tidak ada lagi masyarakat Bilalang Satu yang BAB sembarangan,” tutur Badaria.

Di sisi lain, Badaria yang akrab disapa Mama Shandri ini memperhatikan terkait jamban untuk warga. Di tahun 2021 lalu, Pemdes Bilalang Satu mengintervensi pembangunan jamban di rumah warga.

Ada pula di tahun 2023 ini, ada kegiatan pembangunan jamban yang diperjuangkan Pemdes Bilalang Satu kepada Pemkot Kotamobagu.

“Alhamdulillah, di tahun ini akan ada pembangunan jamban sebanyak 50 unit dari Dinas PU Pemkot Kotamobagu,” pungkas Badaria.

Reporter : Yadi

READ  Pj Wali Kota Kotamobagu Ikuti Rakor dan Evaluasi Hasil Pelaksanaan RKPD Triwulan II Tahun 2023

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *