Cegah Kasus DBD, Dinkes Bolmong ajak Masyarakat Giatkan PSN

Sulawesi Kini, Bolmong – Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) mengajak seluruh masyarakat di 200 desa dan dua kelurahan untuk menggiatkan gerakan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN). Hal ini disampaikan Kepala Dinkes Bolmong, Julin Papuling, Kamis 11 Mei 2023.

“Upaya pencegahan terhadap munculnya kasus penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) tidak lain dengan menerapkan gerakan PSN atau Pemberantasan Sarang Nyamuk. Langkah ini lebih baik dari pada kita harus melakukan fogging, karena fogging juga memiliki dampak terhadap lingkungan dan kesehatan masyarakat,” tutur Julin.

Julin juga menambahkan, gerakan PSN ini juga bisa dilakukan secara kolektif di masing-masing desa dan kelurahan. Contohnya, pada akhir pekan dilakukan kerja bakti, maka pelaksanaan gerakan PSN juga dilakukan dengan melakukan 3 M plus, yakni menguras/membersihkan tempat yang sering dijadikan tempat penampungan air seperti bak mandi, ember air, tempat  penampungan air minum, penampung air lemari es dan lain-lain, menutup rapat tempat-tempat penampungan air seperti drum, kendi, toren air, dan lain sebagainya, dan emanfaatkan kembali atau mendaur ulang barang bekas yang memiliki potensi untuk jadi tempat perkembangbiakan nyamuk yang menularkan demam berdarah.

“Sedangkan untuk  Plus-nya, kegiatan pencegahan DBD lainya bisa dilakukan seperti menaburkan bubuk larvasida (lebih dikenal dengan bubuk abate) pada tempat penampungan air yang sulit dibersihkan, menggunakan obat nyamuk atau anti nyamuk dan menghindari kebiasaan menggantung pakaian di dalam rumah yang bisa menjadi tempat istirahat nyamuk, dan lain- lain,” jelas Julin.(Adve)

Penulis : Yadi

READ  Gagas Motto MILU, Kapolres Bolmong Realisasikan Pelayanan dengan Bentuk Tim BERANTAS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *