Peringati Hari Hipertensi Sedunia, Puskesmas se Bolmong Gelar Senam dan Screening Hipertensi

Sulawesi Kini, Bolmong – Dalam rangka peringatan Hari Hipertensi Sedunia, Jumat 12 Mei 2023, Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) beserta jajarannya menggagas pelaksanaan senam dan screening hipertensi.

Sebanyak 18 Puskesmas dan Posbindu yang tersebar di Kabupaten Bolmong melaksanakan senam dan screening hipertensi dan melibatkan masyarakat di lingkungan masing-masing Puskesmas.

Kepala Dinkes Bolmong, Julin Papuling SKM ME menjelaskan, pentingnya masyarakat dikenalkan dengan terapi hipertensi lewat senam yang sehat.

“Pendekatan terapi hipertensi, selain farmakologi juga non Farmakologi yang salah satunya adalah latihan fisik secara teratur dan terukur dapat membantu membentuk kesehatan dan mencegah penyakit hipertensi ini,” jelas Julin.

Julin juga menambahkan, pentingnya dilakukan langkah-langkah pencegahan mengingat angka kesakitan hipertensi dinilai tinggi.

“Akhir-akhir ini angka kesakitan yang tertinggi adalah penyakit tidak menular yang salah satunya adalah penyakit hipertensi. Sehingga sangat penting kita untuk melakukan pencegahan,” tambah Julin.

Angka kematian yang tertinggi disebabkan oleh penyakit tidak menular hipertensi itu diakibatkan pola hidup yang dinilai tidak sehat. Selain itu, kesadaran untuk melakukan kontrol kesehatan baik di Puskesmas dan rumah sakit yang masih minim.

“Semua ini karena pola hidup manusia yang tidak sehat. Jarang memeriksa kesehatan di fasilitas kesehatan, pola makan, kurang beraktivitas dan istirahat yangtidak teratur,” kata Julin.(Adve)

Penulis : Yadi

READ  Cegah Kasus DBD, Dinkes Bolmong ajak Masyarakat Giatkan PSN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *