Inovasi Mobile JKN Permudah Peserta BPJS Akses Layanan Kesehatan

Sulawesi Kini, Bolmong – Jajaran Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan terus mensosialisasikan sejumlah program dan inovasi yang digagas guna mempermudah pelayanan kepada para peserta BPJS.

Seperti yang dilaksanakan Kantor BPJS Cabang Tondano yang menggelar media gathering bersama wartawan se-Bolaang Mongondow Raya, Selasa 21 Mei 2024 bertempat di Hotel Sutan Raja, Kotamobagu.

Dalam kesempatan itu, jajaran BPJS mempromosikan inovasi dan fitur-fitur layanan yang tersedia dalam Mobile JKN. Hal ini disampaikan Kepala Bagian Mutu Kesehatan BPJS cabang Tondano, Umra Alimin.

“Jadi aplikasi Mobile JKN ini, aplikasi inovasi dari BPJS Kesehatan untuk memudahkan, peserta maupun calon peserta JKN KIS dengan memanfaatkan teknologi,” jelas Umra.

Melalui aplikasi Mobile JKN, peserta dapat menikmati berbagai program layanan kesehatan dan mendapatkan berbagai informasi seputar layanan kesehatan.

Salah satunya, peserta dapat mengetahui fasilitas kesehatan, serta dokter-dokter yang berkerjasama dengan BPJS Kesehatan.

“Sehingga, apabila ditemukan kendala, misalnya mengenai ketersediaan kamar dalam fasilitas kesehatan, bisa melaporkan kepada kami untuk ditindaklanjuti,” tambah Umra.

Selain itu, terdapat satu program unggulan yang diperuntukkan untuk meringankan tunggakan BPJS, yakni Rencana Pembayaran Bertahap atau REHAB.

“Ini program cicilan, bagi peserta yang memiliki tunggakan lebih dari 3 bulan,” terang Yuli Hajriani, Kepala Perencanaan BPJS Kesehatan cabang Tondano yang juga sebagai pemateri dalam giat tersebut.

Dengan REHAB, peserta dapat menyelesaikan tunggakan BPJS sembari membayar tunggakan berjalan.

“Semuanya telah dikalkulasi, sehingga peserta dapat menyelesaikan tunggakan hingga maksimal dalam jangka waktu 12 bulan,” tambah Yuli.

Yang menarik adalah, dalam program REHAB, peserta yang telah menunggak hingga bertahun-tahun sampai 4-5 tahun, hanya perlu membayar tunggakan 2 tahun.

“Peserta akan dapat langsung menikmati layanan BPJS, ketika tunggakan terselesaikan,” pungkas Yuli.

READ  Bertarung ke DPRD Provinsi Sulut, Arman Lumoto Siap Amankan Satu Kursi

Giat ini sendiri turut dihadiri oleh, Kepala bagian Yanfaskes Umrah Alimin, Kepala Bagian Kepesertaan Albert Christian, Kepala Bagian perencanaan keuangan dan pemeriksaan Yuli Gani, BPJS Kesehatan cabang Kotamobagu serta cabang Bolmut dan sejumlah wartawan media online maupun cetak.*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *