Kepala Dinkes Bolmong Hadiri Verifikasi Lanjutan Penghargaan Kabupaten Sehat 2023

Sulawesi Kini, Bolmong – Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong), Julin Papuling SKM menghadiri langsung pelaksanaan verifikasi lanjutan penghargaan Kabupaten/Kota sehat tahun 2023 di Hotel Sutan Raja, Kamis 3 Agustus 2023.

Kehadiran Julin dalam kegiatan tersebut tidak lepas dari peran utama Dinkes Bolmong pada tahapan verifikasi lanjutan dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI.

Menurut Julin, dalam penyelenggaraan Kabupaten Bolmong Sehat ini, Dinkes menjadi bagian dari forum Kabupaten Bolmong sehat dalam rangka menyusun laporan dan data saat verifikasi oleh Kemenkes RI.

“Kami hadir sesuai dengan Tupoksi kami. Data dan dokumen pendukung, serta apa saja yang Dinkes Bolmong lakukan sudah kami sajikan dan dipaparkan oleh Pak Sekda pada verifikasi lanjutan dengan Kemenkes RI,” tutur Julin.

Julin juga menambahkan, dengan pencapian dan apa saja yang dilakukan oleh forum Kabupaten Bolmong sehat ini, dirinya optimis jika Pemkab Bolmong bisa meraih penghargaan bergengsi tersebut.

“Meski demikian, masih ada beberapa tahap sebelum diumumkan. Kita terus berbenah sebagaimana arahan pak Bupati untuk bisa mewujudkan Kabupaten Bolmong sehat lewat kegiatan dan program yang ada di masing-masing OPD,” tambah Julin.

Sementara itu, Sekda Bolmpng Tahlis Gallang SIP dalam penyampaiannya membeberkan beberapa poin penilaian kabupaten sehat kepada tim verifikator secara virtual.

“Untuk Bolmong saat ini, telah berdiri fasilitas kesehatan seperti 1 unit rumah sakit, 3 unit milik swasta, 10 unit puskesmas rawat inap, 8 unit puskesmas non rawat inap, 48 unit puskesmas pembantu atau Pustu, dan 216 posyandu,” kata Tahlis.

Tahlis menambahkan, tahun lalu juga Pemkab Bolmong telah membangun 1 unit rumah sakit Pratama Dumoga, yang diupayakan tahun 2023 ini sudah mulai beroperasi.

READ  Gelar Bimbingan Manasik Haji Reguler, Kemenag Bolmong Tegaskan Support bagi 76 JCH

“Jika sudah beroperasi rumah sakit baru tersebut maka total rumah sakit Bolmong sudah memiliki dua unit yakni satu di wilayah pantai Utara dan satunya lagi di wilayah dataran Dumoga bersatu,” terang Tahlis.

Selain itu, ada berbagai aktivitas yang dilaksanakan oleh Pemkab Bolmong dalam kurung waktu tahun 2022 lalu. Seperti melalui kerja bakti massal dengan melibatkan semua stakeholder, baik dari unsur pemerintah, TNI, Polri dan masyarakat.

“Tujuan dari kerja bakti adalah untuk memberikan pelajaran kepada masyarakat akan pentingnya kesehatan lingkungan,” ujar Tahlis.

Hadir dalam acara tersebut, Sekda Bolmong Tahlis Gallang SIP MM yang juga mempresentasikan laporan ke Kemenkes, Anggota DPRD Bolmong Lesly Lanny Kaligis, pimpinan OPD, dan para camat.

Penulis : Yadi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *