Dinkes Bolmong Apresiasi Peran Bidan Dalam Penanganan Stunting

HUT ke 72 IBI Cabang Bolmong

Sulawesi Kini, Bolmong – Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) menunjukan apresiasinya terhadap para Bidan dengan menghadiri peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 72 Ikatan Bidan Indonesia (IBI) yang diselenggarakan IBI Bolmong, Jumat 23 Juni 2023 bertempat di Hotel Sutan Raja Kotamobagu.

Menurut Kepala Dinkes Bolmong, Julin Papuling SKM ME, peran bidan terhadap pelayanan kepada masyarakat Bolmong banyak menunjang program dan kegiatan Pemkab Bolmong. Salah satunya pada penanganan kasus stunting.

“Selamat hari ulang tahun IBI yang ke 72 tahun, peran strategis bidan yang berada di Kabupaten Bolmong sudah banyak membantu program-program pemerintah, salah satunya adalah penanganan kasus stunting,” ungkap Julin.

Julin juga menambahkan, pemerintah secara berjenjang sangat memperhatikan persoalan penurunan angka stunting. Begitu juga dengan Pemkab Bolmong yang terus menggalakan upaya penurunan angka stunting. Sehingga, peran Bidan yang bersentuhan langsung dengan para ibu hamil, bayi dan anak sangat strategis untuk penanganan stunting ini.

“Keberadaan para bidan ini menjadi ujung tombak dalam rangka mencegah terjadinya stunting pada anak sejak masih dalam rahim para ibu hamil. Kami pun mensupport agar Bidan terus berkarya, dan memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat,” pungkas Julin.

Di tempat yang sama, Ketua IBI Bolmong, Suriati Pianggolung SST MKes mengungkapkan jika peringatan HUT IBI ke 72 ini telah dirangkaikan dengan berbagai kegiatan bakti sosial dan bekerja sama dengan Pemkab Bolmong, serta beberapa stackholder lainnya.

“Rangkaiannya meliputi pelayanan kesehatan ibu dan anak, KB dan Kespro, serta pelayanan kontrasepsi serempak. Kita bekerja sama dengan Pemkab Bolmong, dan beberapa pihak lainnya. Ini kita tujukan untuk hadir di tengah masyarakat guna memperkuat profesi bidan yang handal,” ungkap Suriati.

READ  Bukti Nyata SSM Bangun Boltim, Tertidur di Kantor Kementerian PUPR Demi Golkan Usulan Infrastruktur

Hadir dalam acara tersebut, Sekda Bolmong Tahlis Gallang SIP MM, Ketua TP PKK Bolmong Ny Iryanti Mokodompit-Uswanas, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Drs Ketut Kolak MKes, Ketua Bhayangkari Polres Bolmong, Ketua Persit Kartika Chandra Kirana, jajaran Pengurus IBI Cabang Bolmong dan Ranting, serta para Bidan.(adve)

Penulis : Yadi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *