Dipimpin Limi, Pemkab Bolmong Gelar Upacara Hari Lahir Pancasila

Sulawesi Kini, Bolmong – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) menggelar upacara Hari Lahir Pancasila, Kamis 1 Juni 2023 bertempat di Halaman Kantor Bupati Bolmong, Lolak.

Pelaksanaan upacara ini dipimpin langsung oleh Penjabat (Pj) Bupati Bolmong, Limi Mokodompit yang bertindak selaku Inspektur Upacara.

Dalam penyampaian sambutan upacara, Limi menyampaikan pancasila adalah pedoman hidup berbangsa yang harus diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Tak hanya itu, Pancasila juga adalah jati diri sebagai bangsa Indonesia yang harus dijaga dan dilestarikan.

“Pancasila adalah dasar negara kita yang lahir dari perjuangan bangsa indonesia untuk merdeka dari penjajah. Pancasila adalah rumusan dari nilai-nilai luhur yang hidup di tengah-tengah masyarakat indonesia yang beragam suku, agama, budaya dan adat istiadat,” ungkap Limi.

Limi juga mengajak seluruh masyarakat untuk saling bekerja sama dan menghormati, serta saling menguntungkan dalam membangun peradaban dan pertumbuhan global.

Masyarakat harus sadar akan tanggung jawab untuk menjaga perdamaian dunia, menegakkan hak hasasi manusia, melindungi lingkungan hidup, dan menjadi bagian dari solusi bukan masalah.

“Mari kita tunjukkan kepada dunia bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang ber-pancasila. Bangsa yang memiliki semangat gotong royong yang tinggi. Bangsa yang mampu berkontribusi positif dalam pembangunan peradaban dan pertumbuhan global,” papar Limi.

Hari lahir pancasila tahun 2023 mengangkat tema “Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global”.

Tanggal 1 Juni ditetapkan sebagai hari lahir pancasila oleh Presiden Joko Widodo pada tahun 2016 dan ditetapkan juga sebagai hari libur nasional.

Usai upacara, dilanjutkan dengan penyerahan hadiah lomba.

Penulis : Yadi

READ  Finishing Alun-alun Boki Hotinimbang Telan Anggaran Rp2 Miliar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *