Bupati Limi Letakan Batu Pertama Pembangunan Perpusatakaan

Sulawesi Kini, Bolmong – Penjabat (Pj) Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), Ir Limi Mokodompit MM meletakan batu pertama pertanda mulai dibangunnya gedung perpustakaan pertama di Kabupaten Bolmong, Jumat 4 Agustus 2023.

Usai peletakan batu, Bupati Limi membeberkan jika alokasi pembangunan gedung perpustakaan ini bisa disebut ekslusif. Pasalnya, tidak semua kabupaten dan kota di Indonesia mendapatkan dana pembangunan gedung perpustakaan dengan bandrol miliaran rupiah.

Oleh karena itu, Bupati Limi mengajak seluruh elemen masyarakat, khususnya pelajar dan mahasiswa untuk memamfaatkan fasilitas gedung perpustakaan ini ketika tuntas dibangun.

“Saya pastikan kalau perpustakaan ini sudah bisa berfungsi atau sudah selesai, maka akan banyak anak – anak kita yang pintar karena banyak membaca. Orang bijak mengatakan orang yang pintar adalah orang yang banyak membaca dan orang yang banyak belajar, tentu orang yang mau membaca,” ujar Bupati Limi.

Bupati Limi pun meminta kepada pengelola, dalam hal ini Dinas Perpustakaan Bolmong untuk dapat mempersiapkan semua keperluan. Tak lupa pula, untuk mensosialisasikan di seluruh desa bahwa saat ini akan ada perpustakaan yang representatif bagi masyarakat.

“Harapan saya kepada kadis perpustakaan jika besok atau lusa nanti sudah selesai. Maka fungsikan dengan baik dan sosialisasikan dengan baik serta bikin suasana tempat ini menjadi yang asik, nyaman dan menarik untuk anak – anak dan masyarakat umum,” pesan Bupati.

Di sisi lain, Bupati Limi khawatir jika keberadaan gedung perpustakaan ini tidak dimamfaatkan, dan banyak masyarakat yang hanya senang membaca, menonton YouTube dan membaca media sosial (Medsos).

“Bikin parkirannya luas, ada taman perpustakaan, itu harus menarik. Ada cafenya sebab anak-anak muda sekarang senang di kafe Starbuck yang mampir dia lihat sambil baca sambil minum kopi itu maksudnya pak bupati,” jelas Bupati Limi.

READ  Angkat Tema Transformasi Kesehatan, Dinkes Bolmong Gelar Rakerkesda

Tak lupa pula, Bupati Limi meminta kepada masyarakat khususnya di Desa Padang, Kecamatan Lolak agar menjaga  fasilitas yang telah dibangun dengan baik.

“Saya minta kepada Sangadi dan masyarakat desa Padang, untuk menjaga barang – barang jangan sampai hilang. Jangan sampai buat kegaduhan sebab fasilitas ini milik kita semua,” pungkas Bupati Limi.

Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan Bolmong, Sumarni Bonde mengatakan gedung perpustakaan ini menjadi suatu kebanggaan dan kehormatan bagi Pemkab Bolmong.

“Alhamdulillah puji tuhan, pada tahun ini kita mendapat suatu kehormatan yang sangat luar biasa. Dengan total anggaran Rp9.742.033.000,” ungkap Sumarni.

Sumarni merinci, untuk proses mendapatkan dana pembangunan gedung ini perjalanannya cukup panjang. Dimulai diajukan pada tahun 2018, dan juga ditindak lanjuti tahun 2019 karena masih ada dokumen yang belum lengkap, sehingga belum direalisasikan oleh pemerintah pusat. Kemudian akhirnya dianggarkan oleh pemerintah pusat nanti pada tahun 2023 ini.

“Alhamdulillah pada hari ini terlaksananya untuk peletakan batu pertama pembangunan gedung perpustakaan Kabupaten Bolmong,” ujar Bonde.(adve)

Penulis : Yadi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *