Dinkes Bolmong Sukses Bangun RS Pratama Dumoga. Diresmikan Olly dan Limi!

Sulawesi Kini, Bolmong – Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) bisa dikatakan sukses dalam membangun Rumah Sakit (RS) Pratama yang terletak di Desa Modomang, Kecamatan Dumoga Timur.

Tak tanggung-tanggung, kesuksesan pembangunan RS yang bertipe D tersebut langsung diresmikan oleh Gubernur Sulawesi Utara (Sulut), Olly Dondokambey SE dan Penjabat (Pj) Bupati Bolmong, Ir Limi Mokodompit, Senin 19 Juni 2023.

Dalam laporan yang disampaikan Kepala Dinkes Bolmong, Julin Papuling, proses pembangunan RS Pratama Dumoga ini menelan anggaran mencapai angka Rp48 miliar. Angka ini terdiri dari bangunan fisik, alat kesehatan, dan sejumlah fasilitas penunjang.

“Proses pembangunan RS Pratama Dumoga ini berlangsung pada tahun anggaran 2022. Puji tuhan, bisa selesai dan tahun ini mulai beroperasi,” kata Julin.

Peresmian RS ini pun diawali dengan menekan tombol pembuka tirai nama RS Pratama Dumoga yang dilakukan oleh Gubernur Sulut, Olly Dondokambey yang didampingi Pj Bupati Bolmong, Ir Limi Mokodompit.

Selanjutnya, penandatanganan prasasti dan pengguntingan pita di depan pintu masuk RS. Setelah itu, Gubernur dan rombongan mengecek langsung gedung RS yang ada.

Pada kesempatan itu pula, Gubernur Olly dan Pj Bupati Limi meninjau langsung acara bakti sosial yang digelar Dinkes Bolmong yang meliputi pemeriksaan kesehatan gratis dan pnor darah.

Gubernur Sulut, Olly Dondokambey dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada Pemkab Bolmong atas pembangunan RS Pratama Dumoga tersebut.

“Tentunya atas nama Pemerintah Provinsi kepada Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow dalam rangka mempersiapkan sarana prasarana pelayanan dasar bagi masyarakat Bolaang Mongondow. Karena memang itu menjadi satu tugas pemerintah berada di tengah-tengah masyarakat untuk mempermudah pelayanan kesehatan,” kata Gubernur Olly.

Sementara itu, Pj Bupati Limi dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Gubernur Olly Dondokambey yang meresmikan RS yang nantinya akan membantu masyarakat di wilayag Dumoga Raya.

READ  Disdagkop-UKM KK Rencanakan Gelar Operasi Murah

“Dengan dibangunnya Rumah Sakit ini diharapkan dapat membantu warga masyarakat Dumoga raya dalam pelayanan kesehatan yang maksimal,” kata Pj Bupati Limi.

Pj Bupati Limi juga menambahkan, tujuan di bangunnya RS ini untuk pemerataan fasilitas dan pelayanan kesehatan kepada warga dumoga bersatu.

“Kita sudah memiliki RS di Bolmong, namun secara geografis sangat jauh dijangkau untuk warga Dumoga. RS ini, nantinya akan dilengkapi dengan fasilitas penunjang serta dokter ahli dalam bidang masing-masing,” tambah Pj Bupati Limi.

Kehadiran RS Pratama Dumoga Raya ini pun memiliki sejumlah fasilitas yang cukup memadai. Sebut saja pada fasilitas air bersih yang bahkan bisa langsung di konsumsi lewat keran air yang tersedia.

Begitu juga dengan akses pelayanan kesehatan kepada penyandang disabilitas yang disediakan oleh RS Pratama Dumoga.

Penulis : Yadi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *