Saksikan Sejarah Penerbangan Perdana di Bandara Lolak, Bupati Limi : Ini Sangat Luar Biasa

Sulawesi Kini, Bolmong – Proses pendaratan dan lepas landas pesawat di Bandar Udara (Bandara) Lolak, Minggu 18 Februari 2024 menjadi momentum bersejarah bagi Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong).

Coretan sejarah penerbangan perdana di Bandara Lolak ini pun disaksikan langsung Pj Bupati Bolmong, Ir Limi Mokodompit bersama jajaran Pemkab Bolmong.

Peresmian Bandara Bolmong tersebut ditandai upacara adat saat Pesawat ATR Sam Air yang take off dari Bandara Pohuwato Djalaludin Gorontalo menuju Bandara Lolak mendarat dengan mulus.

Sementara dalam konferensi pers pada sejumlah wartawan, Bupati Limi menyampaikan ucapan terima kasih dan memberikan apresiasi kepada pemerintah pusat, dan pemerintah provinsi yang telah membangun bandara perintis di Bolmong.

“Atas nama masyarakat ucapkan terima kasih, ini sangat luar biasa sebab antusias masyarakat menyambut dimulainya penerbangan Perintis Bandara Bolmong dengan rasa bahagia dan suka,” ucap Bupati.

Bupati mengatakan, dibukanya penerbangan bandara perintis di Bolmong, dimana membuka terisolasian. Sehingga ia berharap hadirnya bandara penerbangan perdana pada hari ini, akan memberikan dampak ekonomi dan dampak kemajuan masyarakat Bolmong.

Bupati juga menyebut kedepannya, penerbangan di Bandara Bolmong akan disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat.

“Untuk saat ini masih di jadwalkan seminggu tiga kali (red: penerbangan). Kedepannya kita lihat, kalau memang kebutuhannya tinggi dari masyarakat tidak menutup kemungkinan setiap hari,” kata Bupati.

Dikesempatan itu pula, Bupati mengucapkan terima kasih kepada kru pesawat perintis Sam Air, baik dari Pilot Alexander Agapa, yang merupakan salah satu anak Papua.

“Saya tentu merasa senang sebab saya pernah bertugas cukup lama di Papua, dan kebetulan bertemu dengan saudara saya yang juga pilot SAM Air,” kata Bupati.

Bupati pun berharap kedepan putra dan putri Totabuan, akan menjadi pilot lima tahun kedepan.

READ  Warga Bilalang Satu Benahi Lapangan untuk Sholat Id, Badaria : Terima Kasih untuk Semua

“Harapan kita jika kita semua masyarakat Bolaang Mongondow Raya menggunakan fasilitas pesawat ini. Maka tidak menutup kemungkinan kita akan ketambahan Armada penerbangan yang lebih banyak lagi,” ungkap Bupati.

Bupati menambahkan, pada bulan Maret mendatang fasilitas bandara yang belum selesai akan ditargetkan selesai.

“Panjang Runway bandara Bolmong 1600 meter, dengan luas lahan bandara 348 hektar hibah dari Pemkab Bolmong,” tutup Bupati.

Kepala Bandara Naha dan Bolmong, Dwi Ariyanto mengatakan penerbangan perintis subsidi pemerintah itu sementara melayani rute Bandara Gorontalo, dan Manado.

“Untuk jadwalnya setiap hari Minggu, Selasa dan Rabu yakni melayani pendaratan dan penerbangan,” kata Dwi.

Dwi menambahkan, Penerbangan subsidi ini ditargetkan dalam satu kali penerbangan dapat melayani 15 orang penumpang.


Untuk itu, Dwi berharap kepada masyarakat dan pemerintah daerah untuk dapat melakukan penerbangan agar kedepan naik level dari penerbangan perintis ke ATR.

“Kalo pesawat ATR bisa 70-an kapasitas penumpang nya,” ungkap Dwi.

Sementara itu, tarif untuk area dua, Gorontalo – Bolaang mongondow Rp263.240. Kemudian Bolaang mongondow ke Sam Ratulangi Manado Rp258.650.

Bagi masyarakat yang ingin mengetahui jadwal penerbangan, pendaratan dan harga tiket setiap hari, bisa langsung cek melalui nomor agen yang tersedia.

Sedangkan masyarakat yang ingin mengetahui jadwal penerbangan, pendaratan dan harga tiket pesawat, bisa menghubungi nomor kontak dibawah ini.

Kepala Dinas Perhubungan Bolmong, Ahmad Yani Damopolii, mengatakan untuk jadwal penerbangan di bandara Bolmong, yakni Hari Minggu, Selasa dan Rabu.

“Untuk rute penerbangan sementara Manado dan Gorontalo,” singkat Yani.(*)

Agen tiket:

Gorontalo 085399545408
Buol 085242261132
Pohuwato 082292474929
Palu 085241414499
Bolaang 087739846805
Manado 085399591539
Siau 082259665331
Miangas 082346509049
Melonguane 081243620221
Sedangkan untuk nomor pengaduan 082377612343. Dan untuk call center hubungi nomor telepon 085399545408.

READ  Audit Pendahuluan Digulir, OPD Harus Kooperatif

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *