Kepala Kesbangpol Bolmong Hadiri Rakor Timpora Kantor Imigrasi Kotamobagu

Sulawesi Kini, Bolmong – Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Pemkab Bolaang Mongondow (Bolmong), Dra Chris Kamasaan menghadiri pelaksanaan Rapat Koordinasi (Rakor) Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora) yang digelar oleh Kantor Imigrasi Kotamobagu, Senin 17 Juli 2023 di Siti Rahmadina Convention Hall, Lolak.

Kehadiran Chris dalam kegiatan tersebut selain mewakilan Pj Bupati Bolmong, Ir Limi Mokodompit MM juga merupkan sekretaris Timpora Bolmong.

Ada pun dalam penyampaian Chris dalam kegiatan tersebut menekankan pada pentingnya koordinasi dalam rangka pengawasan terhadap orang asing yang ada di Kabupaten Bolmong.

“Pemantauan dan pengawasan orang asing itu sangat penting dan perlu dilakukan. Baik itu secara administratif, mau pun pengawasan di lapangan untuk mendapatkan informasi yang faktual,” ungkap Chris.

Chris juga menambahkan, koordinasi antar lembaga dalam Timpora harus erat dan bersaty pada dalam aksi. Mengingat, isu terkait penggunaan tenaga kerja asing secara ilegal, tindak pidana perdagangan manusia, narkoba, radikalisme dan terorisme terus mengintai.

“Untuk itu, dalam Rakor ini kita harus memperkuat fungsi keamanan sekaligus untuk memaksimalkan pengawasan terhadap berbagai potensi kejahatan dari warga asing,” tambah Chris.

Sementara itu, Kepala Bidang Intelejen dan Penindakan Keimigrasian Kanwil Kemenkham Sulut, Arthur Mawikere dalam sambutannya mengatakan, esensi dari kegiatan Timpora ini merupakan sarana untuk saling bertukar informasi.

“Informasi atas keberadaan orang asing itu penting agar bisa dilakukan upaya pemantauan, dan pengawasan, hingga penindakan oleh Timpora,” kata Arthur.

Usai Rakor bersama Timpora, Kepala Badan Kesbangpol Bolmong, Drs Chris Kamasaan turut serta dalam operasi gabungan pemantauan dan pengawasan orang asing di PT Conch.

Hadir dalam acara tersebut, jajaran Kantor Imigrasi Kotamobagu, Forkompimda, dan elemen masyarakat.

READ  Kesbangpol Bolmong Hadiri Rakor Pendanaan Kegiatan Pilkada tahun 2024

Penulis : Yadi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *